Ini hal yang paling teramat penting nih "pernikahan ga akan bisa terlaksana kalo ga ada biaya". Kata siapa gabisa? kata saya kan barusan :-P . Bahkan melangsungkan pernikahan sesederhana mungkin pun kita butuh biaya untuk membayar administrasinya kan, iya kan?. Saya dulu berencana pengen nikah tamasya (untuk penjelasannya klik aja link tadi) aja supaya hemat, tapi kayaknya mamah & calon mertua juga kurang mendukung heuheu.
Macam-macam konsep pelaksanaan pernikahan akan menentukan besarnya biaya yang kita keluarkan nanti. Berhubung keluarga saya dan keluarga cami menginginkan pesta pernikahan seperti pada umumnya yang terjadi di masyarakat yah jadinya biaya juga jadi harus diperhitungkan secermat mungkin,. kalau bisa bikin pesta pernikahan yang pantas dengan dana seminim mungkin (siapa juga yang gamau ya??).
Untuk dapat menentukan berapa jumlah biaya yang diperlukan yang pertama kita harus Up To Date nih tentang segala sesuatu yang kita butuhkan serta perkiraan biayanya saat ini. Jangan malas untuk mencari tahu ya!! saya juga jadi sering googling, tanya sana sini supaya dapet informasi sejelas mungkin.
Apa saja yang harus kita perhitungkan sebagai CPW (Calon Pengantin Wanita) ?? cekidot.... (sekali lagi saya ingatkan ini versi saya ya, capeng lain mungkin punya perhitungan yang berbeda :-) )
1. Hitung berapa "JUMLAH ORANG" yang akan hadir : Dalam hal ini saya lebih menghitung jumlah orang perkepala / pernama. Karena dengan begini lebih jelas kapasistas gedung yang dibutuhkan seberapa besar, proporsi catering yang kita butuhkan berapa banyak, jumlah undangan yang dicetak berapa banyak, suvenir yang dibutuhkan berapa banyak. Saya tidak menghitung berdasarkan undangan karena biasanya perhitungan tamu yang hadir hanya berdasarkan jumlah undangan x 2 (estimasi setiap undangan membawa pasangannya). Padahal undangan yang saya cetak tidak banyak. Berhubung untuk "kelompok" tertentu (misalnya masing-masing bidang di kantor, organisasi, dll) diberi 1 undangan saja untuk semua. Jangan lupa jumlah orang yang hadir ini selalu komunikasikan bersama cami karena tamu yang diundang gak hanya dari pihak perempuan saja kan.
2. Estimasi biaya sewa gedung untuk pesta pernikahan : Bagi saya yang memiliki rumah sempit, di jalan yang sempit sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakan pernikahan dirumah. Maka dari itu ini jadi point nomor 2 bagi saya untuk mencari tahu berapa kira-kira kisaran harga sewa gedung di Bandung?. Silakan di googling sendiri karena harga sewa tempat resepsi di bandung tahun 2014 bervariasi mulai dari 3,5 jt sampai belasan juta sesuai dengan besarnya luas gedung, tempat strategis dan fasilitas lain yang kita dapatkan.
3. Estimasi biaya catering : Catering merupakan hal yang sangat krusial dalam sebuah pesta pernikahan. Jangan sampai catering ini kurang jumlahnya. Malu dong kalau sampai tamu tidak terjamu oleh kita yang mengundang mereka. Padahal mereka sudah menyempatkan diri untuk datang (mungkin jauh-jauh pula tempatnya) dan mendoakan kita di hari pernikahan tapi kita tidak bisa menjamu tamu. Ahhh jangan sampai. Banyak vendor catering di Bandung dari mulai yang paling murah sampai yang paling mahal juga ada. Kuncinyya rajin-rajin googling lagi deh hehe. sering baca review dari blog orang-orang. Lebih baik lagi kalau kita bisa mencicipi rasa / test food catering yang kita mau.
4. Estimasi biaya paket pernikahan & W.O : Naaaah ini nih yang bikin puyeng. Saya bilang paket pernikahan karena saya maunya untuk pengurusan dekor, makeup, baju, hiburan, fotografi, dll dll dll... di urus di satu tempat saja. Loh kenapa ga pisah-pisah aja pake vendor yang udah bagus-bagus reviewnya??? pengennya sih gituuu. Tapi berhubung waktu menuju pernikahan hanya 3 bulan dari waktu lamaran, saya dan cami sibuk kerja, budget untuk menikah juga terbatas jadinya ambil paketan aja supaya lebih murah dan ga ribet. Alhamdulilah sekarang di Bandung banyak banget yang nawarin berbagai macam paket nikah dan bisa disesuaikan dengan budget kita kok.
5. Estimasi biaya "printilan" : Hehehe saya bilang printilan karena bentuknya kecil-kecil tapi kita butuhin dan biaya yang dikeluarkan juga lumayan. Misalnya biaya untuk mencetak undangan, biaya membeli souvenir pernikahan, biaya untuk hidangan, dll dll dll dll. Disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan tentunya. Jangan sampai kurang atau kelebihan.
6. Estimasi biaya lain-lain : Untuk saya yang di keluarganya belum ada pengalaman menikahkan anak, maka masih banyak hal-hal diluar dugaan yang mungkin kita butukan. jadi ya disiapkan aja dana darurat untuk menghindari hal-hal yang kekurangan ini itunya.
Untuk dapat menentukan berapa jumlah biaya yang diperlukan yang pertama kita harus Up To Date nih tentang segala sesuatu yang kita butuhkan serta perkiraan biayanya saat ini. Jangan malas untuk mencari tahu ya!! saya juga jadi sering googling, tanya sana sini supaya dapet informasi sejelas mungkin.
Apa saja yang harus kita perhitungkan sebagai CPW (Calon Pengantin Wanita) ?? cekidot.... (sekali lagi saya ingatkan ini versi saya ya, capeng lain mungkin punya perhitungan yang berbeda :-) )
1. Hitung berapa "JUMLAH ORANG" yang akan hadir : Dalam hal ini saya lebih menghitung jumlah orang perkepala / pernama. Karena dengan begini lebih jelas kapasistas gedung yang dibutuhkan seberapa besar, proporsi catering yang kita butuhkan berapa banyak, jumlah undangan yang dicetak berapa banyak, suvenir yang dibutuhkan berapa banyak. Saya tidak menghitung berdasarkan undangan karena biasanya perhitungan tamu yang hadir hanya berdasarkan jumlah undangan x 2 (estimasi setiap undangan membawa pasangannya). Padahal undangan yang saya cetak tidak banyak. Berhubung untuk "kelompok" tertentu (misalnya masing-masing bidang di kantor, organisasi, dll) diberi 1 undangan saja untuk semua. Jangan lupa jumlah orang yang hadir ini selalu komunikasikan bersama cami karena tamu yang diundang gak hanya dari pihak perempuan saja kan.
2. Estimasi biaya sewa gedung untuk pesta pernikahan : Bagi saya yang memiliki rumah sempit, di jalan yang sempit sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakan pernikahan dirumah. Maka dari itu ini jadi point nomor 2 bagi saya untuk mencari tahu berapa kira-kira kisaran harga sewa gedung di Bandung?. Silakan di googling sendiri karena harga sewa tempat resepsi di bandung tahun 2014 bervariasi mulai dari 3,5 jt sampai belasan juta sesuai dengan besarnya luas gedung, tempat strategis dan fasilitas lain yang kita dapatkan.
3. Estimasi biaya catering : Catering merupakan hal yang sangat krusial dalam sebuah pesta pernikahan. Jangan sampai catering ini kurang jumlahnya. Malu dong kalau sampai tamu tidak terjamu oleh kita yang mengundang mereka. Padahal mereka sudah menyempatkan diri untuk datang (mungkin jauh-jauh pula tempatnya) dan mendoakan kita di hari pernikahan tapi kita tidak bisa menjamu tamu. Ahhh jangan sampai. Banyak vendor catering di Bandung dari mulai yang paling murah sampai yang paling mahal juga ada. Kuncinyya rajin-rajin googling lagi deh hehe. sering baca review dari blog orang-orang. Lebih baik lagi kalau kita bisa mencicipi rasa / test food catering yang kita mau.
4. Estimasi biaya paket pernikahan & W.O : Naaaah ini nih yang bikin puyeng. Saya bilang paket pernikahan karena saya maunya untuk pengurusan dekor, makeup, baju, hiburan, fotografi, dll dll dll... di urus di satu tempat saja. Loh kenapa ga pisah-pisah aja pake vendor yang udah bagus-bagus reviewnya??? pengennya sih gituuu. Tapi berhubung waktu menuju pernikahan hanya 3 bulan dari waktu lamaran, saya dan cami sibuk kerja, budget untuk menikah juga terbatas jadinya ambil paketan aja supaya lebih murah dan ga ribet. Alhamdulilah sekarang di Bandung banyak banget yang nawarin berbagai macam paket nikah dan bisa disesuaikan dengan budget kita kok.
5. Estimasi biaya "printilan" : Hehehe saya bilang printilan karena bentuknya kecil-kecil tapi kita butuhin dan biaya yang dikeluarkan juga lumayan. Misalnya biaya untuk mencetak undangan, biaya membeli souvenir pernikahan, biaya untuk hidangan, dll dll dll dll. Disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan tentunya. Jangan sampai kurang atau kelebihan.
6. Estimasi biaya lain-lain : Untuk saya yang di keluarganya belum ada pengalaman menikahkan anak, maka masih banyak hal-hal diluar dugaan yang mungkin kita butukan. jadi ya disiapkan aja dana darurat untuk menghindari hal-hal yang kekurangan ini itunya.
Sedangkan untuk cami alias CPP (Calon Pengantin Pria) saya, disiapkan estimasi biaya dengan gambaran sebagai berikut :
1. Estimasi Sumbangan biaya ke pihak perempuan : Nah dalam hal ini disesuaikan saja. Berhubung saat lamaran kedua orang tua sudah mengungkapkan bahwa pelaksanaan pernikahan ini ditanggung bersama ya jadinya dari keluarga cami juga nyumbang biaya. Biaya ini jangan sampai memberatkan loh ya, semampunya saja jangan maksain.
2. Biaya untuk mas kawin / mahar dan seserahan : Nah ini sih saya juga ga minta pengen mas kawin apa dan segimana. Se ikhlasnya cami mau ngasih apa. Untuk seserahan sih disesuaikan dengan apa saja yang sekiranya bakalan saya pake nanti dan bermanfaat. Jangan sampai jadi Mubah "kata ibu camer" hihihiw. Biar cami ga pusing lebih baik kita tentuin dulu barang-barang yang kita mau untuk dijadikan seserahan tapi inget jangan over budget ya. Tahu diri aja, sepantasnya :-)
3. Biaya pengurusan KUA : Untuk biaya-biaya yang berhubungan dengan KUA itu jadi urusan cami. Selain karena memang cami yang ngajak nikah hehehe... umumnya juga memang jadi tanggung jawab dari pihak CPP yang membiayai KUA ini "kata mamah & keluarga yang lain".
4. Biaya transport rombongan : Biasanya kan kalau mau akad nikah suka membawa rombongan keluarga dan tetangga tetangga. Selain itu karena cami dari luar kota jadi biaya ini juga harus diperhitungkan.
5. Biaya lain-lain : ----- Menyusul ya kalo ada lagi ------
1. Estimasi Sumbangan biaya ke pihak perempuan : Nah dalam hal ini disesuaikan saja. Berhubung saat lamaran kedua orang tua sudah mengungkapkan bahwa pelaksanaan pernikahan ini ditanggung bersama ya jadinya dari keluarga cami juga nyumbang biaya. Biaya ini jangan sampai memberatkan loh ya, semampunya saja jangan maksain.
2. Biaya untuk mas kawin / mahar dan seserahan : Nah ini sih saya juga ga minta pengen mas kawin apa dan segimana. Se ikhlasnya cami mau ngasih apa. Untuk seserahan sih disesuaikan dengan apa saja yang sekiranya bakalan saya pake nanti dan bermanfaat. Jangan sampai jadi Mubah "kata ibu camer" hihihiw. Biar cami ga pusing lebih baik kita tentuin dulu barang-barang yang kita mau untuk dijadikan seserahan tapi inget jangan over budget ya. Tahu diri aja, sepantasnya :-)
3. Biaya pengurusan KUA : Untuk biaya-biaya yang berhubungan dengan KUA itu jadi urusan cami. Selain karena memang cami yang ngajak nikah hehehe... umumnya juga memang jadi tanggung jawab dari pihak CPP yang membiayai KUA ini "kata mamah & keluarga yang lain".
4. Biaya transport rombongan : Biasanya kan kalau mau akad nikah suka membawa rombongan keluarga dan tetangga tetangga. Selain itu karena cami dari luar kota jadi biaya ini juga harus diperhitungkan.
5. Biaya lain-lain : ----- Menyusul ya kalo ada lagi ------
trim's gan artikelnya sangat membantu sekali,
BalasHapustrim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!
BalasHapusTrim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka
BalasHapusOver DP gedung pernikahan sasana kriya, ballroom mandira. 12 agustus 2017. Malam hari. Harga 4.000.000 saja. Saya sudah DP 5.500.000. Gedung terbaik di Taman mini indonesia indah. TMII dan jakarta timur.. Urgent hubungi 081284113250
BalasHapusMau impian pernikahan kamu terwujud jadi nyata ? Ayo booking tanggal weddingmu sekarang di HIS Grand Slipi Convention Hall Wedding Package terlengkap semuanya sudah all in one, jadi capengers hanya perlu siapkan souvenir dan undangan aja ---------- Ayoo booking tanggal pernikahan -- Special saat ini kami berikan FREE SAMSUNG S8+ / MALDIVES 4D3N INCLUDE FLIGHT For more info call / text / whatsapp : Amira : 0812-8280-8394
BalasHapusBagi para pasangan yang ingin menikah dan membutuhkan wedding cake, kami merupakan salah satu vendor wedding cake di Jakarta yang terpercaya dengan produksi kue yang berkualitas dan serta tidak diragukan lagi. Silahkan hubungi kami "Barley Bakery & Cake" di nomor telepon 021 5696 1010
BalasHapusDear Bride & Groom To Be 💑
BalasHapusNow HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer have ALL IN WEDDING PACKAGE!!!👰👰
Ada 4 paket yg kami tawarkan diantaranya :
1. Paket Campereunik
2. Paket Nyentrik
3. Paket Rumingkang
4. Paket Rengganis
Semua paket di atas include :
💕 Venue (Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung) FULL CARPET & Chandelier - Kapasitas gedung maksimal 1500 orang
💕 Catering (1000 pax/porsi)
💕 Dekorasi ALL AREA
💕 Dokumentasi (*Liputan Siraman & Pengajian, Foto Prewed, Akad & Resepsi)
💕 Rias Busana (Make up Prewed - Akad - Resepsi - *Siraman+Pengajian)
💕 Music Entertainment
💕 Upacara Adat
💕 MC
💕 Siraman & Pengajian
💕 Wedding Organizer (WO)
Yay or Nay? or it doesn't enough?
Don't worry, we'll give you HONEYMOON PACKAGE also!!
And....you'll bring home your Lucky Dip (Golden ring, Home Theater, Bed Cover, Blender, Iphone 7)
For further information (Price list or list our vendor), contact me (Qonitah) as your wedding consultant - feel free to ask :
Via watsapp +6287889588933
Via call/sms +6289646301396
Visit us on Instagram : @his_balaisartika
Let's book your wedding date and get more special gifts!!! 😊
Warm Regards 💕,
Qonitah FR
HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer
Permisi numpang promo ya kak
BalasHapusHalo Calon Pengantin
Cari gedung pernikahan di bandung ?
kami HIS Wedding & Organizer menghadirkan KOLOGDAM GRAND BALLROOM dengan new concept design FULL CARPET
kami juga menghadirkan inovasi all in package agar lebih praktis bagi calon pengantin
All in Package inclusion :
1. Venue
2. Catering 1000 Paxx
3. Decoration
4. Photography
5. Entertainment
6. Rias & Busana
7. Upacara Adat Sunda
8. Siraman
and SPECTACULAR BONUSES
1. FREE WEDDDING CAR
2. FREE SOURVENIR 500 PCS
3. FREE INVITATION 500 PCS
4. FREE SPA PRA NIKAH
5. FREE HONEYMOON BALI 3D2N
6. FREE KAMAR HOTEL (3 KAMAR)
7. FREE PHOTOBOOTH
Dan kami juga bekerjasama dengan banyak vendor ternama di bandung yang bebas kalian pilih
Promo ini hanya berlaku di bulan November 2017
Penasaran? ask me direcly WA 082110126988 (Ayunda)
Dear Teteh & Akang Calon Pengantin
BalasHapusSalam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
Halo Teteh dan Akang, sudah dapat gedung pernikahannya?
Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer menawarkan gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom dengan konsep terbaru.
Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
Full Carpet
AC Central + 10 Standing AC
Ceiling tinggi di 10m
Kapasitas sampai dengan 2000 orang
2 Ruang Rias Full AC
Lokasi Strategis dan Akses yg Flexible
Masjid yang Luas untuk Akad Nikah
Area Parkir Luas
Free Parkir untuk Tamu Undangan
Free All Charges ( Kebersihan, keamanan, pemakaian Masjid,dll)
Free Genset
Untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, Kami pun memberikan fasilitas
Wedding Organizer
Wedding Consultant
Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)
Pada kesempatan ini Kami ingin mengundang Teteh dan Akang untuk mengunjungi kantor HIS Kologdam sehingga kita dapat bertemu & berdiskusi lebih lanjut mengenai perencanaan hari bahagia Teteh.
Jika Teteh dan Akang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp Dita (082218073807)
SPECIAL PROMO ON APRIL!!! SO GRAB IT NOW, BOOKING ONLY 5.000.000
Hai Calon Pengantin ~
BalasHapusPercayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!
Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.
> For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.